Sabtu, 30 Oktober 2010

Tips agar si balita doyan sayur

    Sayur dan buah2an merupakan sumber vitamin dan juga penghasil enzim yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita,masalahnya kadang anak-anak tidak menyukai sayur sayuran. Saya,mempunyai 3 anak yg masih balita...dua anak saya (si bungsu msh full asi) dulu tidak pernah mau makan bila di dalam piringnya ada sayur. Alhamdulilah sekarang mereka mulai doyan sayur. Anda bisa mencoba trik berikut ini:
    1.  Pertama, jangan pernah memaksa mereka untuk makan sayur,semakin dipaksa dia akan semakin membenci sayur bahkan bisa jadi dia akan membeci kita juga..he,he,becanda. so, kita coba kuahnya dulu,sayurnya jgn diberikan.
    2. Selipkan sayur ke dalam makan favoritnya sedikit sj dulu diiris kecil2...biasanya anak kecil suka mie nie..(padahal mie kurang bagus ya dicernanya lama, lagian masa si udah makan nasi pakai mie,...wow karbohidrat smua dong!)
    3. Kalo msh belum mau juga, jangan menyerah!! (masak kt kalah sama anak kecil...ya kan?). Menghadapi si kecil itu kuncinya memang harus sabar dan penuh kasih sayang.....jadi yang ketiga apa nie...kita selipkan sayur ke dalam dongeng. mendongeng itu penting untuk perkembangan otak jg sosio emosional anak,lain kali ya sy postingkan mslh mendongeng ini. Pada saat mendongeng kita ceritakan bhw si jagoan atau pahlawan dlm dongeng tersebut makan sayur bayam atau wortel,kangkung,sawi pilih salah satu dulu deh...seperti popeye yang gemar makan bayam lalu menjadi kuat.
    4. Melibatkan anak dalam sebuah proses.....Proses bagaimana sebuah biji bayam,tomat,atau sawi,terong dll akan tumbuh menjadi tanaman hingga terhidang di meja makan. Anak2 itu mudah sekali penasaran dan keingintahuannya tinggi. Manfaatkan hal ini,jadi kita sediakan sedikit lahan atau dengan polybag untuk menanam sayuran. Libatkan anak2 pada saat bercocoktanam, Insya Allah mereka akan bersemangat sekali dan menunggu nunggu tanaman tersebut hingga siap di petik......lalu kita hidangkan hasil kebun mereka sendiri. Insya Allah mereka akan mau mencoba makan sayuran.
    5. Jangan menyerah....toh demi kesehatan buah hati kita. Kalau tidak dibiasakan nanti kita, juga yang kena dampaknya.
    Nah itu tadi  sedikit tips dari saya, smoga bermanfaat...Selamat  mencoba

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar